Slide 1

Berita PUPR > LESTARIKAN ALAM UNTUK AIR DENGAN TEKNOLOGI PENELITI MILENIAL


Senin, 14 Mei 2018, Dilihat 60 kali

Bandung (23/4) Dalam rangka mendukung peningkatan ketahanan air dalam bidang penelitian, Pusat Litbang SDA kembali menyelenggarakan Final Lomba Karya Ilmiah Sumber Daya Air Tingkat Nasional XI Tahun 2018 untuk siswa SMA/SMK/MA. Kegiatan yang berlangsung di Kantor Pusat Litbang SDA Balitbang Kementerian PUPR ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk menyambut Hari Air Dunia pada tanggal 22 Maret. Turut hadir Kepala Pusat Litbang Sumber Daya Air Eko Winar Irianto untuk memberikan sambutan dan arahan kepada para finalis.

Tema LKI pada tahun 2017 adalah “Wujud Pengelolaan Sumber Daya Air Berkelanjutan di Indonesia” dengan empat sub temanya antara lain: Teknologi Pengelolaan Sumber Daya Air Berkelanjutan, Teknologi Konservasi Sumber Daya Air Berkelanjutan, Teknologi Pengendalian Daya Rusak Air Berkelanjutan, dan Teknologi Ketahanan Pangan Berkelanjutan. Setelah melalui proses seleksi dari total 463 makalah yang berasal dari 434 sekolah di seluruh Indonesia, akhirnya terpilih 10 finalis terbaik yang akan mempresentasikan makalahnya langsung di hadapan para juri.

Pembukaan kegiatan Final Lomba LKI ini dilaksanakan oleh Kepala Puslitbang SDA Eko Winar Irianto. Beliau berpesan kepada para peserta untuk terus belajar dan menigkatkan semangat peneliti demi kemajuan bangsa di masa depan.

Adapun 10 Finalis Terbaik LKI SDA Tingkat Nasional XI Tahun 2018, diantaranya:

  1. SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III, Sumatera Selatan

dengan judul makalah: Optimalisasi Air Limbah Getah Karet Melalui “Smart Water Technology” Di Wilayah Kabupaten Banyuasin.

  1. SMA Negeri 3 Merauke, Papua

dengan judul makalah: “Hidrovolt” Pengolahan Air Lumpur Asam Dari Waduk Salor Sebagai Energi Listrik Terbarukan.

  1. SMK Negeri 1 Belitang Madang Raya, Sumatera Selatan

dengan judul makalah: Pemanfaatan Sumber Daya Air Secara Optimal Melalui Pintu Pintar Irigasi.

  1. MAN 2 Model Pekanbaru, Riau

dengan judul makalah: Pemetaan Sebaran Lindi Di Pemukiman Sekitar TPA Muara Fajar Dengan Alat Self Potential Meter.

  1. SMK Badan Perguruan Indonesia (BPI), Bandung

dengan judul makalah: Rancang Bangun e-CAI (Electronic Cai) Versi 1.0 Dalam Upaya Menghemat Penggunaan Air Minum Di Lingkungan Sekolah.

  1. SMK Negeri 1 Kediri, Jawa Timur

dengan judul makalah: Artepadakucang Sebagai Absorban Logam Berat PB Dan Bakteri Pada Limbah Cair Percetakan Sablon Kediri.

  1. Madrasah Aliyah Al Irsyad, Bali

dengan tema makalah: Teknologi Pembuatan Air Minum Alkali.

  1. SMK Negeri 1 Murung Pudak Tabalong, Kalimantan Selatan

dengan judul makalah: Indikator Logam Pada Air Dengan Memanfaatkan Buah Buni.

  1. SMK Negeri 2 Kudus, Jawa Tengah

dengan judul makalah: Automatic Microbes Injection Inovasi Digitalisasi Program Percepatan Penguraian Tinja Septic Tank.

  1. SMA Negeri 1 Matangkuli, Aceh

dengan judul makalah: Regraf :Filterisasi Limbah Rumah Tangga Ramah Lingkungan.

Setelah mempresentasikan masing-masing makalahnya, para juri kemudian akan menilai dan memutuskan siapa 3 pemenang terbaik yang layak memperoleh Trofi menteri dan sejumlah uang tunai sebagai hadiahnya. Pengumuman pemenang LKI ini dilaksanakan pada Rabu, 25 April 2018 bertepatan dengan kegiatan Dialog Nasional dalam rangka Peringatan Hari Air Dunia di Kementerian PUPR Jl. Pattimura 20 Jakarta.

Trofi pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah SDA Tingkat Nasional XI Tahun 2018 diserahkan langsung oleh Menteri PUPR M. Basuki Hadimuljono, di dampingi oleh Direktorat Jenderal SDA Imam Santoso. Setelah melewati tahap penilaian, Juri memutuskan bahwa 3 kelompok pemenang  LKI SDA Tahun 2018 adalah:

  1. SMK Badan Perguruan Indonesia (BPI) Bandung;
  2. Madrasah Aliyah Al Irsyad Bali;
  3. SMK Negeri 2 Kudus Jawa Tengah.

 

 “…sekarang kalian punya tugas untuk mempersiapkan penelitian yang lebih baik lagi. Minimal dengan mengajak teman satu sekolahnya. Jangan hanya sibuk dengan pulsa tapi harus bisa menghasilkan penelitian sesuai dengan lingkungan sekitarnya… 30 tahun lagi mingkin ada yang jadi Menteri PUPR,” pesan Menteri Basuki kepada para pemenang LKI SDA Tahun 2018. (humas)