Slide 1

Berita PUPR > Mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan Surakarta Menggali Motivasi di Puslitbang SDA


Selasa, 08 Mei 2018, Dilihat 76 kali

Bandung – Rombongan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta yang berjumlah 80 orang mengadakan Kunjungan Lapangan ke Pusat Litbang Sumber Daya Air, Rabu 28 Februari 2018. Didampingi 3 orang dosen pembimbing, rombongan mahasiswa ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman dan juga motivasi untuk mendalami ilmu mereka agar dapat diaplikasikan di dunia kerja kelak.

Acara penerimaan peserta kunjungan dibuka oleh Kepala Sub Bagian Umum Teni Ripatin dengan sambutan hangat. Teni pun memberikan kesempatan kepada ketua rombongan UTP Surakarta untuk memberikan sambutan dan menyampaikan maksud dan tujuannya melaksanakan kunjungan lapangan ke Pusat Litbang SDA.

“Kita mungkin kalo di pendidikan itu berusaha untuk meningkatkan sumber daya manusia jadi mungkin Ibu melihat apa yang dikerjakan di sini itu merupakan sesuatu yang sangat sederhana atau biasa karena sudah kebiasaan tapi maaf bu mungkin untuk temen-temen saya di Solo tepatnya di UTP mungkin perlu melihat suasana secara langsung bu. Karena kalau hanya buku ataupun kuliah itu keliatannya ga nyantol gitu tapi kalau melihat langsung  kondisi laboratorium bagaimana cara kerja dan bagaimana  lingkungan dari para peneliti itu supaya mereka bisa lebih termotifasi dan lebih semangat”, ujar Kepala Rombongan Mahasiswa Universitas Tunas Pembangunan Surakarta Suryo Handoyo ketika memberikan sambutan pembukaan.

Menanggapi sambutan perkenalan oleh Suryo Handoyo, Teni Ripatin menyampaikan bahwa memang kenyataan yang terjadi di lapangan atau di dunia kerja seringkali berbanding terbalik dengan apa yang telah dipelajari selama kuliah. Untuk itu peningkatan kemampuan dan ilmu sumber daya manusia perlu untuk terus ditingkatkan. Hal tersebut yang mendasari bahwa kunjungan ke lapangan itu sangat dibutuhkan.

Setelah pembukaan, kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian paparan singkat oleh Kepala Tim Protokoler Humas Asep Syaefudin mengenai profil, produk teknologi, serta kegiatan litbang tahun Pusat Litbang SDA. Setelah melewati sesi diskusi, kemudian rombongan mahasiswa diantarkan untuk meninjau fasilitas dan kegiatan uji model fisik bendung dan bendungan dengan skala yang diperkecil di laboratorium Balai Litbang Bangunan Hidraulik dan Geoteknik Keairan untuk mempelajari dan menggali ilmu praktek di dunia kerja dari perwakilan balai litbang yang sedang bertugas. (humas)