Slide 1

BALAI LITBANG SABO


lamat : Sopalan, Maguwoharjo, Depak Sleman, Yogyakarta 55282;
Telp. : (0274) 886350, 886351;
Faks. : (0274) 885431;
E-mail :  sabo@pusair-pu.go.id / balai.sabo@pusair-pu.go.id /

lab_sabo@yahoo.com

 Balai Sabo mempunyai fungsi untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang Sabo. 

Layanan litbang ditujukan untuk memberikan advis teknis di bidang tersebut melalui kegiatan survei, penyelidikan, pengkajian, uji model fisik dan matematik serta perencanaan prasarana Sabo.

Fasilitas
Laboratorium dalam dan luar ruangan dan perangkat lunak bidang sabo

Cakupan Kegiatan
Mekanisme gerakan massa debris, model fisik dan model matematik aliran debris,bangunan pengendali sedimen dan aliran debris, instrumentasi sistem prakiraan dan peringatan dini aliran debris, seperti aliran lahar di daerah gunung api, dampak bencana alam dan pasca konstruksi, serta aspek sosial ekonomi pengendalian sedimen dan debris.

Dengan menerapkan teknologi Sabo secara arif, daya rusak air oleh gerakan massa debris dapat dikendalikan, sehingga dapat mencegah/mengurangi kerusaan lingkungan dan infrastruktur, kerugian harta benda serta korban jiwa dan luka-luka. Di samping itu, upaya konservasi dapat berjalan dengan baik sehingga Daerah Aliran Sungai (DAS) dapat berfungsi kembali sebagai penangkap dan penyimpan cadangan air baku.

 Sebagai tugas tambahan Balai Sabo harus menyusun Norma, Standar, Pedoman dan Manual di bidang teknik sabo dan tanah longsor.