Slide 1

BALAI LITBANG IRIGASI


Alamat : Jl. Cut Meutiah, Bekasi 17113, PO Box 147;
Telp. : (021) 8801345, 8801364, 8801365, 8826813; Faks. : (021) 8801345;
E-mail : kairigasil@pu.go.id & b_irigasi@pusair-pu.go.id

Balai Irigasi mempunyai fungsi melaksanakan penelitian dan pengembangan, penerapan dan pelayanan teknis, alih teknologi, penyiapan standar dan manual, serta penyelenggaraan laboratorium dan sertifikasi di bidang irigasi.

Fasilitas
Laboratorium mekanika tanah, laboratorium beton & aspal, laboratorium hidraulika (di ruang terbuka dan tertutup) serta peralatan-peralatan lainnya untuk menunjang kegiatan.

Lingkup Kegiatan
Lingkup kegiatan litbang irigasi berkaitan dengan efisiensi penggunaan air irigasi, keakuratan perhitungan kebutuhan air irigasi, pengendalian kehilangan air (perembesan, penguapan), pemilihan pola tanam, sistem pemberian air, sarana dan prasarana irigasi, instrumentasi dan sebagainya.

Pengembangan jaringan irigasi perpipaan yang memanfaatkan sumber air tanah dilakukan untuk pemberiaan air di lahan kering dengan menggunakan teknologi air curah (sprinkler) dan teknologi irigasi mikro (trickle/drip).

Untuk pengaturan air pada irigasi permukaan telah dikembangkan pintu air tahan korosi dari fiber resin, bangunan boks tersier (fabrikasi/knockdown) sertalining saluran berbahan ferrocement. Pengembangan jaringan irigasi perpipaan bersumber air permukaan dilakukan untuk penerapan irigasi berselang dalam rangka irigasi hemat air. 

Penerapan irigasi berselang pola SRI (system of rice intensification) dan PTT (Pola Tanam Terpadu) serta IP-400 (Indek Pertanaman 400%) dilakukan bersama masyarakat, petani dan instansi terkait lainnya.